Minggu, 25 November 2012

BATIK GEDOG


Batik gedog Tuban kaya motif, warna dan fungsi. Satu ibu rumah tangga di Tuban memiliki lima lembar kain batik untuk berbagai keperluan berbeda. Di Tuban, terdapat 100 ragam motif batik, 40 diantaranya sudah dipatenkan pemerintah daerah setempat sebagai upaya pelestarian budaya. Yang juga khas dari batik Tuban adalah konsistensi perajin untuk melestarikan batik tulis. Mudah saja membedakan batik Tuban, karena batik yang diaplikasikan pada kain tenun hingga katun, kebanyakan adalah batik tulis. Hanya beberapa perajin saja yang masih mengaplikasikan batik cap di Tuban.
Masyarakat Tuban, Jawa Timur, mengenal batik dengan sebutan batik gedog. Gedog berasal dari bunyi dog-dog yang berasal dari alat menenun batik. Perajin batik di Tuban, secara turun temurun membatik pada kain tenun. Proses pembuatan batik gedog  Tuban butuh waktu sekitar tiga bulan. Pasalnya, perajin harus melewati proses panjang memintal benang, menenun, membatik dan pewarnaan dengan bahan alami.
Batik tulis tenun Tuban terbagi dua model, kain berukuran dua meter (tapih) dan selendang. Soal fungsi, kain batik Tuban biasanya digunakan sebagai hantaran pernikahan dari pihak laki-laki kepada mempelai perempuan. Bagi masyarakat yang berada, calon pengantin laki-laki biasanya membawa 100 lembar kain batik Tuban. “Paling sedikit pihak laki-laki membawa lima lembar kain batik sebagai hantaran pernikahan,” lanjut Uswatun. Sementara selendang, biasanya digunakan kaum ibu untuk menggendong bakul saat ke pasar atau ke sawah. Namun ada juga selendang yang khusus digunakan untuk menghadiri acara resmi. Karena batik Tuban punya nilai tinggi, masyarakat Tuban biasanya menyimpan kain batik untuk diwariskan kepada anak-anaknya.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBBYYJahWNty7gbID96u6ie3pOpGqzGGIomPqiAJ5Jr-UTq0U84GSjeUe5_7lesUwS9Xa25SYiNENwg2IC7vIHer79boZ6eIdkD65e-RiSV0gtt8VBRW4hAO4aEtdhsFiA83Im_CG1kEk/s200/kecap
Selain kerajinan tangan yang menarik,tempat wisata yang indah dan bersejarah ada juga "PERINDUSTRIAN TUBAN'' yang terkenal contohnya: kecap yang sering di sebut '' KECAP LARON'' Kecap Laron sangat terkenal di daerah Tuban saja, Kecap Laron ini terkenal terkemnal karena rasanya yang manis dan kental itu membuat berkembang pesat di daerah TUBAN.Kecap ini tidak dipasarkan keluar Tuban

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnOcyU-GmrM0q9SckCDpTbPJkbBY450djaaTN10TownfqqK9N7mj3MqwIoj7zL7MMgCtGrxPbw5OXdnh4K18D5Ti8bcQOTjonw24G9RQcBHk0oyfe5VZnMZXe9-xeLgONOurBbLCfAnCk/s200/ikan+asin.jpg
karena pasokannya yang terbatas tidak bisa dipasarkan keluar Tuban. Selain itu ada juga Pengeringan ikan sering di sebut ''IKAN ASIN/ULAM GEREH'', karenaTuban dekat dengan laut yang indah dan masyarakat Tuban kebanyakan Nelayan dan hasil tangkapan yang sebagian dikeringkan dan yang sebagian dijual.


Selain itu ada juga ''PABRIK SEMEN GRESIK'' yang terkenal dengan hasil Semennya yang kokoh dan bagus, Semen Gresik itu hanya ada 2 cabang yang salah satunya ada di '' KECAMATAN KEREK'' Pabrik Semen Gresik sangat perduli dengan ''PENDIDIKAN'' yang ada di Tuban dengan membantu berupa ''BEASISWA'' dan ''PENDIDIKAN PRIMAGAMA' dengan itu Pabrik Semen Gresik sangat di sukai oleh orang sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar